Jumat, 06 Oktober 2017

Penyebab Meninggalnya Bang Napi Pemilik Jargon "Waspadalah! Waspadalah!"

Detik Herbal - Beberapa hari lalu ranah hiburan Indonesia kembali di selimuti kabar duka. Pasalnya, Arie Hendrosaputro atau lebih dikenal dengan Bang Napi. Sosok yang muncul di salah satu program berita kriminal RCTI ini dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (03/10/2017) pada pukur 10.40 WIB.



Pemilik jargon "Waspadalah! Waspadalah!" itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat. Hingga saat ini penyebab meninggalnya belum terungkap. Tetapi, dikutip dari berbagai sumber, kabarnya sosok yang selalu tampil dalam acara 'Sergap' ini memiliki riwayat penyakit diabetes.

Mengenal penyakit diabetes penyebab Bang Napi meninggal dunia


Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin. Diabetes mellitus di sebut juga penyakit kencing manis.  Dalam kamus besar bahasa Indonesia, definisi kencing manis adalah penyakit yang menyebabkan air kencing yang di produksi bercampur zat gula. Adanya kadar gula yang tinggi dalam air kencing dapat menjadi tanda-tanda gejala awal penyakit Diabetes melitus.

Insulin adalah sejenis hormon yang di produksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Penurunan sekresi insulin biasanya di sebabkan oleh resistensi insulin dan kerusakan sel beta pankreas. Pada penderita penyakit Diabetes mellitus, tubuh pasien tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas.

Kekurangan insulin membuat tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel. Sehingga respon yang diterima tubuh adalah rasa lapar dan haus. Namun semakin banyak karbohidrat yang dimakan, maka akan semakin tinggi penumpukan glukosa dalam darah. Kondisi inilah yang kemudian di sebut sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis atau Diabetes mellitus

Tipe-Tipe Diabetes


Ada 3 tipe diabetes

Diabetess Tipe 1. Penyakit diabetes tipe 1 ini muncl sebagai akibat adanya kerusaka organ pakreas.

Faktor pemicu dari DM tipe 1 ini:

  • Memiliki faktor genetik penderita diabetes melitus.
  • Mengalami gangguan pada sistem imun di dalam tubuh.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Serangan virus tertentu yang merusak organ pankreas.

Diabetes Tipe 2. Diabetes Tipe 2 ini adalah tipe penyakit diabetes yang mncul akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Faktor pemicu dari DM tipe 2 ini:

  • Obesitas
  • Sangat jarang berolahraga
  • Tidak mengatur pola makan
  • Sering mengalami stres akibat pekerjaan


Diabetes Gestasional. Gestasional adalah satu-satunya tipe diabetes melitus yang hanya menyerang wanita khususnya wanita hamil. Memang benar bahwa penyakit DM gestasional ini pada umumnya lenyap setelah penderitanya melahirkan.

Gejala Diabetes 


Adapun tanda dan gejala diabetes yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut ;

  • Memiliki faktor genetik penderita diabetes melitus.
  • Mengalami gangguan pada sistem imun di dalam tubuh.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Serangan virus tertentu yang merusak organ pankreas.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter. Pendeteksian sedini mungkin memungkinkan kita untuk mencegah bertambah parahnya kondisi diabetes kita.

Semoga dengan menyimak informasi ini bisa membuat kita lebih sadar akan makna kesehatan.  Karena memang sejatinya kematian pasti dan tidak dapat di pungkiri. Namun dengan merubah pola hidup anda ke arah yang lebih sehat sejak dini, dapat membuat tubuh anda terhindar dari berbagai jenis penyakit terlebih penyakit diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar